Klik disini untuk order Rainbow Cake dan Red Velvet Cake di Jakarta

Cake Ketan Hitam: Enak, Murah, Bergizi

Cake Ketan Hitam: Enak, Murah, Bergizi

Ketan hitam merupakan salah satu bahan makanan yang telah akrab di dapur ibu-ibu. Kelompok beras yang berwarna ungu kehitaman ini bisa disulap menjadi berbagai macam makanan yang menggoda lidah; seperti tape ketan hitam, campuran bubur kacang hijau, bahkan cake atau bolu. yang disebut terakhir adalah salah satu inovasi yang tidak tergolong baru, tetapi mungkin belum terlalu banyak yang berani mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Tidak banyak yang harus disiapkan untuk membuat cake ketan hitam yang lezat. Dari segi bahan, tidak banyak berbeda dengan cake-cake pada umumnya; kecuali ditambahkannya tepung ketan hitam ke dalam adonan. Begitu pula dengan cara pembuatannya, nyaris sama persis. Para pembuat cake ini lebih cenderung mengukus adonan hingga matang; tetapi ada pula yang mencoba bereksperimen dengan memanggangnya di oven.

Berikut contoh cake sederhana dengan tepung ketan hitam yang bisa anda coba untuk keluarga di rumah:

Bahan:
Tepung ketan hitam (250 gram)
Telur (6 butir)
Gula pasir (200 gram)
Susu kental manis (2 sendok makan)
Minyak goreng (200 gram)
Garam&vanili (@setengah sendok teh)

Cara Membuat:

1. Campur gula pasir dan telur, kocok hingga mengental.
2. Masukkan vanili dan garam, kocok; kemudian masukkan susu sambil terus mengocok adonan
3. Setelah adonan rata, masukkan tepung ketan hitam lalu aduk sampai tepung merata
4. Tuangkan minyak dan aduk perlahan sampai tercampur dengan baik
5. Siapkan loyang dengan ukuran sesuai ketebalan yang anda inginkan. Untuk cake yang tipis, anda bisa menggunakan loyang yang berukuran besar atau sebaliknya.
6. Tuangkan adonan yang sudah tercampur tepung ke dalam loyang, lalu panggang atau kukus, sesuai selera anda.
7. Angkat, dinginkan, dan hias.

Untuk hiasan, anda bisa mengolesi permukaan cake dengan mentega kemudian menaburinya dengan parutan keju meyses, atau cincangan kenari. Selain itu, coklat cair (putih/coklat/dark) pun bisa menjadi alternatif untuk hiasan cake berbahan ketan hitam ini. Semakin menarik cake yang anda sajikan, semakin besar kemungkinan anak anda akan menyukainya.

Manfaat Ketan Hitam

Setelah menjelma menjadi potongan-potongan cake yang lezat, orang tak akan ragu lagi menyantap ketan hitam yang pada bentuk awalnya telrihat kurang menarik karena warna hitam dan teksturnya yang kasar. Di samping itu, ketan hitam pun ternyata menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Penelitian menunjukkan ketan hitam mengandung za besi yang bisa mencegah penuaan dini, mencegah terhadinya disfungsi ginjal, membantu perbaikan kerusakan sel-sel hati seperti chirosis dan hepatitis, bahkan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor. Selain itu, ketan hitam pun bisa membersihkan kolesterol, mencegah kekurangan darah merah, mamadatkan otot, menyuburkan rambut, dan menjalankan fungsi antioksidan.

Gabung Segera di Klub Email Penggemar Cakes di Jakarta. Masukkan nama dan email sekarang juga.