Klik disini untuk order Rainbow Cake dan Red Velvet Cake di Jakarta

Bolu Kukus Lurik yang Unik

Bolu Kukus Lurik yang UnikBerbicara tentang bolu, pikiran kita pasti tertuju ke penganan tradisional yang akrab dengan keseharian. Ya, bolu adalah kue berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula, telur, dan bahan-bahan lain.

Di Indonesia, kue bolu biasa dihidangkan pada acara-acara pesta seperti khitanan, pernikahan, arisan, atau acara keluarga yang lain. Kue ini disajikan sebagai kudapan.

Dalam dunia kuliner, berdasarkan teknik pembuatannya, kue bolu (yang dalam bahasa Inggris disebut cake), terbagi dalam dua jenis.

Pertama, butter cake. Jenis ini dibuat dengan cara mengocok mentega dan gula hingga menjadi adonan berbentuk krim. Kue bolu ini memerlukan pengembang seperti soda kue atau baking powder.

Kedua, sponge cake. Kue bolu ini dibuat dengan cara mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang kental dan halus. Setelah itu ditambahkan tepung dan mentega atau minyak goreng.

Untuk sponge cake, teknik pengocokan telurnya terbagi dua. Yaitu, kue dengan putih dan kuning telur yang dikocok terpisah, akan menghasilkan tekstur kue yang sangat lembut. Lalu, teknik pengocokan telur yang bersamaan. Sebagian besar kue bolu, menggunakan teknik pengocokan telur yang kedua.

Bolu Kukus Lurik yang UnikUmumnya, kue bolu dimasak dengan cara dipanggang. Namun, seiring berkembangnya dunia kuliner, kue bolu juga diciptakan dengan cara dikukus. Salah satu contohnya adalah kue bolu kukus.

Bolu kukus banyak dijual di pasar tradisional, pasar swalayan, atau toko-toko kue. Bahkan, saat ini sudah ada bolu kukus yang dijajakan secara keliling.

Adanya bolu yang diolah dengan cara dikukus ini sangat menggembirakan. Ibu-ibu yang belum memiliki oven, bisa tetap berkreasi membuat kue bolu.

Saat ini, kue bolu kukus sangat bervariasi. Kue yang dikukus sekaligus bersama mangkuk kertasnya ini tampil dalam warna-warna yang memikat. Lihat saja bolu kukus yang saya coba. Motifnya lurik-lurik antik dan unik, kan?

Saya sempat terheran-heran dengan cara pengolahannya. Bolu ini seperti terkena sentuhan magic saat dikukus. Kita tidak tahu apa yang terjadi di dalam kukusan, tiba-tiba bolu tampil dengan bagian atas yang merekah.

Uniknya lagi, jumlah bagian atas yang merekah membentuk bunga itu tidak menentu. Kadang berjumlah dua, tiga, atau empat. Ajaib, kan?

Menurut orang yang sering membuat bolu kukus, ada tips tersendiri agar bolu kukus ini mekar. Tipsnya adalah, kocok adonan sampai kental, isi cetakan (mangkuk kertas) hingga penuh agar kue mekar, kukus kue ketika dandang sudah panas dan mengeluarkan banyak uap, dan jangan mengukus kue terlalu banyak pada saat yang bersamaan agar semua kue mendapat banyak uap.

Nah, sudah tahu tipsnya, kan? Silakan mencoba membuat bolu kukus sendiri.

 

Gabung Segera di Klub Email Penggemar Cakes di Jakarta. Masukkan nama dan email sekarang juga.