Klik disini untuk order Rainbow Cake dan Red Velvet Cake di Jakarta

Martabak Manis, Si Terang Bulan dari Bangka

Martabak Manis, Si Terang Bulan dari BangkaMartabak sadalah jajanan yang popular di Indonesia. Di Jakarta, penjual martabak mudah didapat. Biasanya kue ini dijual di pinggir jalan, menggunakan gerobak.

Oh ya, selama ini dikenal dua jenis martabak. Pertama, martabak telur. Konon, inilah kue martabak yang sebenarnya. Kedua, martabak manis yang sedang dibahas di sini.

Martabak manis memiliki banyak nama. Ada yang menyebut martabak terang bulan, martabak Bangka, atau kue bulan.

Di sebuah tempat di daerah Ciracas, Jakarta Timur, ada satu penjual martabak manis yang laris. Tak mengherankan karena martabak buatannya memang lebih enak dibanding di tempat lain. Kesukaan saya adalah martabak double keju. Dari namanya sudah dapat dibayangkan bahwa martabak ini diisi dengan ekstra keju.

Martabak Manis, Si Terang Bulan dari BangkaKulit martabak terbuat dari tepung terigu yang dicampur soda kue, telur ayam, air, ragi, dan santan. Adonan ini dipanggang menggunakan wadah seperti wajan besi yang tebal. Hanya dalam waktu singkat, kulit martabak ini matang. Permukaannya bolong-bolong yang dikenal dengan istilah “bersarang”.

Di atas permukaan yang bersarang itu bisa diisi dengan keju parut, gula pasir, meses, kacang tanah, ketan hitam, atau wijen.

Dengan cekatan, penjual martabak mengisi permukaan martabak sesuai pesanan. Seluruh permukaan martabak pun tertutup keju parut. Keju tersebut langsung meleleh terkena kulit martabak yang masih panas. Setelah itu, kulit dilipat dan dioles mentega. Penampilan lelehan keju yang menyatu dengan lembutnya martabak, membuat saya semakin tergiur.

Setelah dilipat dan dioles mentega, martabak dipotong-potong. Saya pun mencobanya. Hmmm … rasa manis yang berasal dari keju parut yang sudah meleleh,  gurihnya mentega, lembutnya martabak, serta renyahnya kulit martabak, menjadikan jajanan ini tak terlupakan!

Tumpukan kejunya pun sangat memikat. Pantas jika martabak yang satu ini laris manis. Apalagi, penjualnya mirip bintang sinetron tampan, Baim Wong.

Nama martabak Bangka didapat karena pada awalnya martabak ini berasal dari Pulau Bangka. Di Malaysia, martabak ini disebut apam balik atau martabak terang bulan. Sementara, di Pontianak disebut kue apam pinang. Uniknya, di tempat lain, masyarakatnya bertanya-tanya mengapa jajanan ini disebut martabak, sebab sama sekali tidak mirip dengan martabak yang sebenarnya (martabak telur).

Menurutmu, bagaimana?

 

 

Gabung Segera di Klub Email Penggemar Cakes di Jakarta. Masukkan nama dan email sekarang juga.