Klik disini untuk order Rainbow Cake dan Red Velvet Cake di Jakarta

Smoked Beef Risoles dan Lembutnya Mayonnaise

Smoked Beef Risoles dan Lembutnya MayonnaiseHobi makan risoles? Ternyata, kue yang akrab di telinga masyarakat Indonesia ini adalah kue peninggalan bangsa Belanda, lho!

Risoles berasal dari bahasa Belanda “rissole” yaitu pastry berisi daging cincang yang dibungkus dadar dan diolah dengan cara digoreng.

Dahulu, kue ini disebut roinsolles dan mulai dikenal pada abad ke-13. Penampilannya sama sekali berbeda dengan yang kita ketahui sekarang. Dulu, kue ini hanya berupa pancake yang digoreng menggunakan minyak babi atau mentega.

Di Prancis, kue ini dikenal dengan sebutan rissole. Cara memasaknya yaitu pancake dibungkus dengan kulit pastry (yang kita kenal sebagai kulit lumpia), lalu digoreng atau dipanggang. Kue ini bisa dibuat asin dan manis. Untuk yang manis, setelah digoreng, kue ditambahkan taburan gula halus dan saus buah.

Pada perkembangannya, risoles bukan lagi berbentuk pancake, tetapi lebih seperti dadar gulung. Sebelum digoreng, dadar yang sudah diisi, digulung dan dilapisi tepung panir yang sudah ditambah dengan kocokan telur ayam.

Isi risoles juga bermacam-macam. Tidak hanya berupa daging cincang seperti pada awalnya, tapi juga daging asap (smoked beef) dicampur dengan sayuran dan telur. Untuk menambah kelezatan, smoked beef, telur, dan sayuran ini ditambahkan saus mayonnaise. Sehingga, sekali gigit, kamu akan merasakan sensasi rasa, perpaduan antara gurihnya daging asap dan lembutnya mayonnaise.

Bagi kita orang Indonesia, rasanya kurang lengkap bila makan tanpa sambal. Kalau kamu suka pedas, smoked beef risoles ini juga mantap bila disantap dengan saus sambal, sambal kacang, atau cabe rawit. Rasa pedasnya membuat smoked beef risoles ini semakin nikmat.Smoked Beef Risoles dan Lembutnya Mayonnaise

Risoles bisa diolah dengan cara digoreng atau dipanggang. Sayangnya, risoles yang digoreng mengandung banyak minyak di permukaannya. Sedangkan risoles yang dipanggang, biasanya tampak lebih kering dan tidak mengilat.

Seperti kita ketahui bersama, minyak goreng kurang baik bila terlalu banyak dikonsumsi. Untuk mensiasatinya, sebelum menyantap risoles yang digoreng, tepuk-tepuk bagian permukaannya menggunakan tissue makan agar minyaknya terserap. Hal ini dapat mengurangi kandungan minyak goreng pada risoles, juga makanan yang digoreng lainnya.

Gabung Segera di Klub Email Penggemar Cakes di Jakarta. Masukkan nama dan email sekarang juga.