cupcakesjkt

Cake, Jenis, dan Tips Pembuatannya

Cake, Jenis, dan Tips Pembuatannya

Cake, siapa yang tidak tau tentang makanan ini? Hampir semua orang mengenal makanan sejenis bolu ini. Cake merupakan makanan yang terbuat dari beberapa bahan dasar, yaitu tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Cukup dengan mempersiapkan empat bahan ini ditambah dengan baking powder atau bahan pengembang lainnya, anda sudah bisa berkreasi dengan makanan jenis ini.

Pada kenyataannya di lapangan, keempat bahan dasar ini mengalami banyak penambahan bahkan substitusi. Misalnya, orang seringkali menambahkan rasa sperti cokelat, susu, vanilla, keju, dan sebagainya ke dalam adonan cake untuk menciptakan kreasi rasa yang beragam. Di samping itu, bahan dasar tepung pun bisa digantikan dengan jenis lain, tidak harus terigu; seperti tepung ketan hitam, dll.

Berdasarkan ukuran, kelembutan, daya tahan, serta rasanya, paling tidak ada tiga jenis cake, yaitu:

• Chiffon cake, yang volumenya ringan dengan ukuran lebih besar, tahan lama, dan bertekstur lembut
• Pound cake, yaitu cake padat dan pendek dengan rasa yang lebih enak, lebih tahan lama, namun kurang lembut teksturnya
• Sponge cake, yaitu cake bertekstur cukup lembut, daya tahan lumayan lama, volume ringan, dan rasanya cukup enak.

Saat anda melihat gambar cake, mungkin anda tidak akan langsung bisa membedakan ketiga jenis ini. Akan tetapi, ketiganya bisa dikenali langsung ketika memegang dan merasakannya. Yang membuat ketiga cake ini berbeda tentu adalah takaran bahan yang digunakan serta metode pembuatannya.

Tips Membuat Cake

Agar menghasilkan cake yang indah dan lezat, anda bisa mempraktekkan tips-tips berikut ini:

• Untuk cake bertekstur lembut, pilih tepung protein rendah
• Gunakan bahan –bahan yang sudah bersuhu ruangan. Perlu anda ketahui, mentega atau telur yang baru saja anda keluarkan dari lemari es dan langsung diolah akan membuat adonan tidak berkembang sehingga cake berpotensi bantat.
• Cairkan mentega sebelum dicampurkan dengan adonan. Namun, hindari mencairkan mentega ketika anda baru memulai proses pembuatan cake karena cairan dan lemak pada mentega akan keburu terpisah. Lakukan pencairan saat telur yang anda kocok sudah mengembang.
• Jangan mengocok telur terlalu lama. Lakukan hingga telur terlihat mengembang dan tidak ada lagi gelembung.
• Ketika memanaskan mentega, gunakan api kecil agar tidak banyak cairan yang menguap
• Gunakan baking powder hanya untuk cake dengan margarine yang dikocok. Sementara itu, jika anda ingin membuat sponge cake, tak perlu mencampurkan baking powder ke dalam adonan.
• Untuk loyang, pilihlah yang pendek. Loyang tinggi akan memperlama proses pematangan cake; sehingga hasilnya akan kering dan keras.

Saat cake sudah matang, janga langsung memasukkannya ke dalam tempat tertutup. Dinginkan kue di atas rak dengan sirkulasi udara lancar agar semua panas menguap.

BARU... Dapatkan Kupon diskon senilai 50 ribu untuk 100 pendaftar pertama di toko online baru kami. KLIK DISINI Sekarang Juga...